What's Digg ?

foto : http://www.reviewsaurus.com
                  Digg. com digunakan oleh para penggunanya sebagai wadah untuk mempopulerkan informasi yang dimilki semisal blog, artikel/berita. Digg.com terdiri dari kumpulan akun website yang memuat berita berdasarkan jenisnya masing-masing. Sistem Digg mirip dengan situs jejaring sosial facebook, dimana artikel yang diunggah dalam situs Digg dapat diberikan komentar juga dinilai (vote), istilahnya di- ‘Digg’. Sama hal nya dengan situs jejaring sosial yang saat ini sangat populer yakni facebook, dimana yang dikomentari dan di vote (like) adalah postingan status kita di halaman akun. Digg serupa dengan facebook yang mana untuk menjadi komunitas pengguna Digg, kita harus membuat akun seperti facebook dan ketika mau masuk ke halaman, harus ‘Log in’. Di dalam Digg, kita juga bisa mengetahui jumlah pembaca berita/pengunjung yang telah membaca berita yang ditampilkan atau yang kita miliki. Digg singkatnya seperti tempat untuk mendemokan informasi yang kita miliki dalam tampilan resensi (singkat/sekilas) untuk tampilan yang lebih menyeluruh “fullversion” ada dalam situs yang kita miliki yang diketahui dari link yang tercantum di halaman Digg. Hal ini terjadi karena para pengunjung/pencari berita yang masuk ke situs Digg, kemudian melihat artikel kita, dan ketika mereka para pengunjung ingin membaca keseluruhan artikel kita tersebut, pengunjung harus klik link menuju situs kita, hasilnya kita mendapat trafik dari Digg.
                Dari segi berita, Digg.com dibandingkan situs warta berita online yang lain seperti Okezone, Detik.com, Vivanews, dll kurang lebih sama. Karena di Digg, berita yang terangkum juga beragam ada bisnis, olahraga, entertainment, pendidikan, dsb. Dalam Digg dan warta berita online lainnya, juga disediakan space/tempat untuk mengunggah video rekaman berita. Hanya saja perbedaan yang terlihat menonjol yakni dari segi tampilan layar/halaman. Berikut poin-poinnya :
foto : http://news.cnet.com
  • Dari segi tampilan Digg lebih sederhana (terlihat soft), paduan warnanya tidak mencolok, dan sangat minim iklan, namun interaktif karena dapat di ‘vote’ dan dikomentarii
  • Untuk situs warta berita online lainnya seperti okezone, detik.com, vivanews, kompas.com sekalipun, diwarnai oleh tampilan berbagai macam iklan, dan jumlahnya pun cukup banyak, hingga hampir memenuhi setiap halaman berita. Dari iklan baris biasa, atau hanya sekedar tampilan foto, sampai iklan yang bergerak. Ditambah dengan pilihan warna yang ditampilkan cukup mencolok.
  •  Dalam situs Digg, tampilan berita dimuat berdasarkan jenisnya, seperti bisnis, olahraga, pendidikan, dsb, dan sekali lagi yang dimuat hanyalah ringkasan berita.
  • Di situs warta berita online lainnya, tampilan berita memang ada yang sebagian pula ditampilkan berdasarkan jenisnya, namun disini, berita tersebut dapat dibaca secara utuh/lengkap langsung di halaman situs warta berita tersebu, dan tidak seperti Digg yang melewati link situs kita miliki dahulu jika ingin melihat berita secara utuh. 
  • Dalam situs Digg, untuk tampilan waktu berita di posting ke situs, dimuatnya berdasarkan setiap detik dari berita-berita yang dimuat sebelumnya dalam hitungan 24 jam/sehari, semisal 2 jam 5 menit yang lalu (2 hour 5 minute ago ), singkatnya sama halnya seperti timing update status dalam situs jejaring sosial Facebook.
  • Berbeda dengan situs warta berita online lainnya yang menampilkan tanggal berita lengkap dengan hari, bulan dan tahun, misalnya : Kamis, 7 Oktober 2010.
    0 Responses